Ini adalah analisis kedua
mengenai jurnal pemodelan grafik yaitu tentang Simulasi Pergerakan Objek 3D
dengan openGL.
Sebelum
membahas mengenai pembuatan objek 3D, alangkah baiknya bila kita mengetahui apa
itu Grafik Komputer dan Aplikasi yang akan dipakai, yaitu OpenGL.
Grafik Komputer adalah bagian
dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar
(visual) secara digital. Sedangkan OpenGL (Open Graphics Library) adalah
standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua
dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform,
artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat
ini.
Dalam pembuatan objek 3D
menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing
dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara yang sudah umum
digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL.
OpenGL mendukung beberapa
fitur didalamnya, yaitu lighting, shading, texture, mapping, blending,
transparancy, dan banyak kemampuan efek khusus lainnya. Selain itu, OpenGL
mempunyai banyak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan
OpenGL membutuhkan library tambahan yang harus di letakkan pada direktori
sistem dari windows (OS).
Kekurangan
·
Software yang digunakan oleh penulis yaitu
openGL masih memiliki spesifikasi sehingga menyulitkan pemakai untuk
menyesuaikannya.
·
Dalam pembuatan objek tidak disertakan
langkah-langkah untuk mempermudah pembaca.
·
Secara konsep penulisan sedikit sulit untuk
dipahami.
·
Hanya menjelaskan 1 konsep menggunakan OpenGL
tidak dengan software lain.
Kelebihan
·
Saya sangat suka dengan bagaimana penjelsan
mengenai openGL kemudian menuju ke fungsi-fungsi openGL.
·
Terstruktur meskipun tidak terdapat langkah
dalam pembuatan objeknya.
ijin sharing blog Opengl, moga2 blog ini bisa bermanfaat, ada 100 artikel lebih tentang pemrograman grafik dan game, juga dilengkapi dengan source code yang bisa di download
BalasHapuswww.heriadyblog.blogspot.co.id
Trims