Translate

Jumat, 12 Desember 2014

Permodelan Grafik - bagaimana menggerakkan objek pada OpenGL

Ini adalah analisis kedua mengenai jurnal pemodelan grafik yaitu tentang Simulasi Pergerakan Objek 3D dengan openGL.


Sebelum membahas mengenai pembuatan objek 3D, alangkah baiknya bila kita mengetahui apa itu Grafik Komputer dan Aplikasi yang akan dipakai, yaitu OpenGL.

Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Sedangkan OpenGL (Open Graphics Library) adalah standar API yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik, baik dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D). OpenGL ini bersifat cross-platform, artinya dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi yang ada saat ini.

Dalam pembuatan objek 3D menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya pada proteksi objek. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL.

OpenGL mendukung beberapa fitur didalamnya, yaitu lighting, shading, texture, mapping, blending, transparancy, dan banyak kemampuan efek khusus lainnya. Selain itu, OpenGL mempunyai banyak fungsi dan penggunaan perintah yang sangat luas. Penggunaan OpenGL membutuhkan library tambahan yang harus di letakkan pada direktori sistem dari windows (OS).

Kekurangan
·         Software yang digunakan oleh penulis yaitu openGL masih memiliki spesifikasi sehingga menyulitkan pemakai untuk menyesuaikannya.
·         Dalam pembuatan objek tidak disertakan langkah-langkah untuk mempermudah pembaca.
·         Secara konsep penulisan sedikit sulit untuk dipahami.
·         Hanya menjelaskan 1 konsep menggunakan OpenGL tidak dengan software lain.

Kelebihan
·         Saya sangat suka dengan bagaimana penjelsan mengenai openGL kemudian menuju ke fungsi-fungsi openGL.

·         Terstruktur meskipun tidak terdapat langkah dalam pembuatan objeknya.

1 komentar:

  1. ijin sharing blog Opengl, moga2 blog ini bisa bermanfaat, ada 100 artikel lebih tentang pemrograman grafik dan game, juga dilengkapi dengan source code yang bisa di download

    www.heriadyblog.blogspot.co.id

    Trims

    BalasHapus