Translate

Selasa, 20 Oktober 2015

Tugas 1 (Pengantar Bisnis Informatika) Search Engine Optimization


Pengertian SEO

     Pengertian Search Engine Optimization (SEO) adalah suatu tekhnik untuk memaksimalkan suatu website agar lebih dikenal atau lebih mudah dibaca oleh search Engine. Teknik SEO dilakukan melalui proses yang sistematis artinya teknik SEO harus mengikuti aturan-aturan yang berlaku pada search Engine tertentu yang menjadi rujukannya.


Teknik SEO diterapkan pada waktu Website dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung Website anda . banyak sekali faktor yang menentukan keberhasilan dalam SEO namun dapat digolongkan menjadi 2 yaitu sebagai berikut :

  • Onpage Optimization yang merupakan sebuah tekhnik yang melakukan optimasi dari dalam suatu website dengan jalan memodifikasi faktor-faktor tertentu dari bagian suatu website misalkan menentukan title, tag, content yang relevan dengan title dan lain-lain.
  • Offpage Optimization yang merupakan teknik optimasi yang dilakikan dari luar bagian website dengan tetap mengacu pada algoritma search Engine tertentu misalkan memperbanyak BackLink yang berkualitas.

Teknik SEO bagi kebanyakan orang bisa terbilang cukup sulit karena membutuhkan skill yang cukup dan tingkat kesabaran yang tinggi sedangkan hasilnya tidak dapat dilihat secara langsung. selain itu metode Search engine tertentu, untuk meng-index hasil pencarian juga sering berubah. oleh karena itu SEO dapat dikatakan sangat dinamis karena metodenya berubah dari waktu kewaktu dan juga SEO tidak dapat memberikan jaminan apakah Bewbsite anda akan muncul dalam index pencarian teratas atau tidak.

Tujuan Optimasi SEO

tujuan dilakukannya teknik ini adalah menempatkan sebuah situs web atau blog pada posisi teratas hasil pencarian, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan keyword (kata kunci) tertentu yang dibidik atau ditargetkan dan perbedaannya terletak pada cara optimasinya. karena website atau blog yang menempati dan berada pada pencarian teratas memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung dimesin pencarian.

Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Kelemahan Teknik SEO pada Metode search engine :

  1. SEO membutuhkan waktu yang panjang
  2. SEO memerlukan kemampuan teknis yang rumit
  3. Terlalu banyak yang tidak bisa kita kontrol pada SEO
  4. Sulitnya mengukur kesuksesan SEO.
Sekian 4 kekurangan SEO yang perlu Anda ketahui. Terlepas dari kekurangannya tersebut, SEO merupakan teknik promosi yang baik. Anda tetap perlu melakukan SEO jika ingin merebut pasar di internet, tentunya perlu digabungkan dengan strategi promosi online yang lain.

Keuntungan Teknik SEO pada Metode search engine :
  1. Mendatangkan traffick yang banyak
  2. Meningkatkan penjualan
  3. Meningkatkan daya saing.
Kesimpulan Search Engine Optimization (SEO)
pada dasarnya diperbolehkan menggunakan teknik SEO pada setiap komersial Web yang user buat dikarenakan apabila sebuah situs memiliki rating pencarian teratas secara otomatis Web tersebut yang akan memiliki banyak jumlah pengunjung lamannya namun tetaplah bijak dalam penggunannya karena tidak sedikit kasus yang dibuat  oleh segelintir orang agar Webnya banyak memiliki jumlah pengunjung pada teknik ini dimasukkan kata kunci yang tidak sesuai dengan judul isi materi yang sesungguhnya jadi tetaplah menjadi penulis yang bijak :v ..

boleh komentar dibawah jika memiliki Opini yang berbeda dari Penulis, terima kasih :) ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar